8 DNS Tercepat di Tahun 2024 dan Cara Setting di Android serta iPhone

Posted on

Halo Sobat App! Semakin tahun, Dunia internet terus berkembang pesat, dan salah satu elemen penting yang sering kita abaikan adalah Domain Name System (DNS). DNS memiliki peran besar dalam menentukan seberapa cepat atau lambat sebuah situs web dapat diakses.

Dari tahun ke tahun, perubahan dan inovasi di dunia teknologi membuat kami ingin berbagi informasi terkini tentang 8 DNS tercepat yang dapat meningkatkan pengalaman berselancar Kita. Selain itu, kami juga akan membahas cara mudah untuk mengatur DNS ini di perangkat Android dan iPhone Kita. Jadi, mari kita mulai perjalanan kami menuju dunia yang lebih cepat dan efisien!

Apa Itu DNS dan Mengapa Penting?

Apa Itu DNS dan Mengapa Penting

Sebelum kita menyelami daftar DNS tercepat, mari kita perjelas apa itu DNS dan mengapa perannya begitu vital. DNS, atau Domain Name System, berfungsi sebagai penerjemah antara alamat IP (Internet Protocol) angka dengan nama domain yang lebih mudah diingat oleh manusia. Bayangkan DNS sebagai buku telepon internet yang memetakan nama domain ke alamat IP.

Kecepatan DNS dapat memengaruhi seberapa cepat sebuah situs web dimuat. DNS yang lambat dapat mengakibatkan waktu tunggu yang lebih lama saat Kita mencoba mengakses situs tertentu. Oleh karena itu, pemilihan DNS yang cepat dapat meningkatkan efisiensi dan responsivitas saat berselancar di dunia maya.

Rekomendasi 8 DNS Tercepat di Tahun 2024, bikin Internetan makin Joss

Rekomendasi 8 DNS Tercepat

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah daftar 8 DNS tercepat yang patut dicoba di tahun 2024:

1. Google DNS (8.8.8.8 / 8.8.4.4)

Google DNS telah lama dikenal sebagai salah satu yang tercepat. Dengan server globalnya dan komitmen Google terhadap kinerja tinggi, ini adalah pilihan yang andal untuk meningkatkan kecepatan internet Kalian.

2. Cloudflare DNS (1.1.1.1 / 1.0.0.1)

Cloudflare menyediakan layanan DNS yang aman dan cepat. Dikenal dengan keamanan tinggi dan privasi pengguna, Cloudflare DNS menjadi favorit bagi banyak pengguna yang ingin kinerja optimal tanpa mengorbankan keamanan.

3. OpenDNS (208.67.222.222 / 208.67.220.220)

OpenDNS menonjol dengan kemampuannya memblokir situs berbahaya dan melindungi dari serangan phishing. Keamanan tambahan ini membuat OpenDNS menjadi pilihan menarik.

4. Quad9 (9.9.9.9)

Dengan fokus pada privasi pengguna, Quad9 menawarkan perlindungan terhadap situs-situs berbahaya dan malware. Kecepatan tinggi dan keamanan yang solid membuatnya layak dipertimbangkan.

5. Comodo Secure DNS (8.26.56.26 / 8.20.247.20)

Comodo Secure DNS menyajikan kombinasi kecepatan dan keamanan. Dengan fitur pengenal malware, Comodo memberikan lapisan perlindungan ekstra selama Kalian menjelajah internet.

6. Verisign DNS (64.6.64.6 / 64.6.65.6)

Verisign, yang juga mengelola registrar domain terbesar di dunia, menyediakan DNS yang handal dan cepat. Dengan jaringan server global, Verisign dapat memberikan respons cepat di berbagai lokasi geografis.

7. Norton ConnectSafe (199.85.126.10 / 199.85.127.10)

Dikenal sebagai penyedia keamanan, Norton ConnectSafe menyediakan opsi DNS yang dapat melindungi pengguna dari situs web berbahaya dan mengoptimalkan kinerja internet.

8. Yandex DNS (77.88.8.8 / 77.88.8.1)

Yandex DNS, berasal dari Rusia, menawarkan kinerja tinggi dan perlindungan terhadap situs-situs berbahaya. Dengan server global, Yandex dapat memberikan kecepatan optimal di berbagai wilayah.

Cara Mengatur DNS di Android

Sekarang setelah Kalian familiar dengan beberapa DNS tercepat, mari kita beralih ke panduan langkah demi langkah untuk mengatur DNS di perangkat Android Kalian:

1. Buka Pengaturan (Settings)

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Kalian.

2. Pilih Koneksi Jaringan (Network Connections)

Selanjutnya, pilih opsi “Network & Internet” atau serupa, tergantung pada versi Android Kalian.

3. Pilih Wi-Fi

Temukan dan pilih opsi Wi-Fi untuk masuk ke pengaturan jaringan nirkabel.

4. Atur Jaringan Wi-Fi

Tekan dan tahan nama jaringan Wi-Fi yang sedang Kalian gunakan, kemudian pilih opsi “Ubah Jaringan” atau “Edit Network”.

5. Ganti Pengaturan IP ke Statis (Static)

Ubah pengaturan IP dari “DHCP” menjadi “Statis”.

6. Isi DNS yang Diinginkan

Masukkan DNS yang Kalian pilih dari daftar di atas. Misalnya, untuk Google DNS, masukkan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

7. Simpan Perubahan

Setelah mengisi DNS, tekan “Simpan” atau “Save” untuk menyimpan perubahan Kalian.

Restart koneksi Wi-Fi Kalian, dan Kalian sekarang menggunakan DNS yang baru diatur!

Cara Mengatur DNS di iPhone

Bagaimana dengan perangkat iPhone? Jangan khawatir, kami memiliki panduan yang sama mudahnya untuk Kalian:

1. Buka Pengaturan (Settings)

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Kalian.

2. Pilih Wi-Fi

Pilih opsi Wi-Fi untuk melihat daftar jaringan yang tersedia.

3. Atur Jaringan Wi-Fi

Sentuh ikon info (i) di sebelah nama jaringan Wi-Fi yang sedang Kalian gunakan.

4. Ubah Pengaturan DNS

Gulir ke bawah dan temukan opsi “Configure DNS”. Pilih “Manual” untuk mengatur DNS secara manual.

5. Tambahkan DNS yang Diinginkan

Tap “Add Server” dan masukkan DNS yang Kalian pilih, seperti 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 untuk Google DNS.

6. Simpan Perubahan

Setelah menambahkan DNS, tekan “Save” untuk menyimpan perubahan Kalian.

Restart koneksi Wi-Fi dan voila, iPhone Kalian sekarang menggunakan DNS yang baru diatur!

Keuntungan Menggunakan DNS Tercepat

Menggunakan DNS tercepat dapat memberikan sejumlah keuntungan, termasuk:

1. Peningkatan Kecepatan Akses Internet

Dengan menggunakan DNS yang lebih cepat, waktu tunggu saat mengakses situs web dapat berkurang secara signifikan, meningkatkan kecepatan keseluruhan internet Kalian.

2. Stabilitas Koneksi yang Lebih Baik

DNS yang cepat dapat meningkatkan stabilitas koneksi internet Kalian, mengurangi risiko kehilangan koneksi atau waktu muat yang lama.

3. Perlindungan dari Ancaman Online

Beberapa layanan DNS, seperti Cloudflare dan Quad9, menyediakan perlindungan terhadap situs web berbahaya dan malware, memberikan lapisan keamanan tambahan.

4. Privasi yang Ditingkatkan

Beberapa layanan DNS menawarkan fitur privasi yang lebih baik, membantu melindungi data pengguna dari mata yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Dengan mengganti DNS Kalian dengan salah satu yang tercepat, Kalian dapat merasakan perbedaan yang signifikan dalam kecepatan dan kinerja internet Kalian. Setelah mengikuti panduan ini, semoga sobat app dapat menikmati pengalaman berselancar yang lebih cepat dan lebih efisien pada gadget kita.

Tetapi perlu diingat, keamanan tetap menjadi prioritas utama. Sebelum mengubah pengaturan DNS, pastikan untuk memilih layanan yang dapat diandalkan dan memahami implikasi keamanan dari penggantian tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru untuk meningkatkan pengalaman online kita. Selamat internetan ngebut dan keep save ya!

Lihat Juga: