Cara Mengatasi Ram Tidak Terbaca

Posted on

Jika Kamu pernah mengalami masalah dengan RAM laptop atau komputer Kamu, silakan lihat Cara Mengatasi Ram Tidak Terbaca pada laptop atau komputer dibawah ini.

RAM merupakan bagian penting dari banyak sistem operasi di komputer. Tanpa RAM, sulit untuk menjalankan aplikasi dan program di komputer, Selain itu, jika komponen tidak lengkap, komputer akan sulit dioperasikan.

Saat komputer menjalankan aplikasi atau program, fungsi memori utama bertindak sebagai penyimpanan sementara. Jadi, jika Kamu dapat menyalakan komputer sebelum Kamu melihat lampu indikator, Kamu dapat melihat bagaimana memori mempengaruhi perilaku komputer.

Saat membahas masalah RAM, ada beberapa masalah dengan pengoperasian komputer Kamu. Misalnya, cara termudah untuk menemukan aplikasi adalah dengan menargetkan aplikasi yang berjalan lambat atau aplikasi yang sering mogok saat berjalan.

Biasanya, ini karena aplikasi atau program terlalu berat untuk dijalankan di RAM. Memecahkan masalah ini cukup untuk mengupgrade kapasitas RAM pada laptop atau komputer.

Tapi bagaimana dengan RAM yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca? Masalah ini dapat terjadi di PC atau laptop. Masalah memori yang tidak terbaca biasanya terkait dengan aspek komputer.

Untuk memperbaiki masalah ini, coba perbaiki RAM yang tidak terbaca di laptop Kamu dengan beberapa solusi sebagai berikut.

Cara Mengatasi Ram Tidak Terbaca atau Tidak Terdeksi pada Laptop & Komputer

Cara Mengatasi Ram Tidak Terbaca

1. Bersihkan Bagian Slot RAM

Laptop tidak bisa membaca RAM, atau bisa jadi RAM laptop rusak, salah satunya adalah debu atau kotoran.

Apalagi jika laptop hanya diletakkan di atas meja dan tidak bisa dimasukkan ke dalam tas dengan benar. Akibatnya notebook akan terkena debu dan menjadi sangat kotor.

Oleh karena itu, cara pertama untuk mengecek RAM laptop Anda adalah dengan membongkar bagian belakang laptop dengan obeng, kemudian cabut RAM yang ada di slotnya.

Kemudian bersihkan soket atau dudukan ram menggunakan sikat gigi lembut, atau menggunakan kuas dengan Hati hati, sambil di tiup perlahan.

tambah ram

2. Bersihkan Bagian Pin RAM

Selanjutnya kamu juga bisa membersihkan bagian pin atau kuningan ram tempat dimana ram tertancap pada slot ram.

Kamu bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan kuningan atau pin pada RAM atau gunakan lap bersih ataupun tisu hingga bersih.

Sambil memperhatikan bagian pinnya apakah ada yang lecet atau rusak.

3. Cek Tipe Ram

Saat kita melakukan upgrade ram, yang pertama kita harus ketahui adalah model atau tipe dari ram yang support terhadap laptop kita.

Karena ada banyak tipe ram, dari mulai DDR3, DDR3L, DDR4 dan sebagainya.

Tentunya kita tidak bisa asal-asalan jika ingin melakukan upgrade Ram, Dan jika kamu sudah terlanjur membeli kamu bisa melihat tipe ramnya terlebih dahulu.

Jika memang tidak sesuai maka itu merupakan kesalahan saat pembelian.

Artikel lainnya:

4. Instal Ulang / Upgrade Sistem Operasi (OS)

instal ulang

Selanjutnya adalah kita bisa mengganti Sistem operasi pada laptop, Karena OS merupakan hal yang sangat penting kia perhatikan saat kita menambah RAM.

Jika kapasitas RAM tidak sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, sistem juga akan kesulitan membaca RAM. Misalnya, jika Anda meningkatkan RAM DARI 4GB ke 8GB. Tetapi sistem operasi laptop kamu menggunakan versi 32-bit.

Maka akibatnya, OS menjadi sulit untuk membaca jumlah RAM yang telah kamu upgrade. Jadi, solusi untuk masalah ini adalah dengan menginstal ulang, atau mengganti OS laptop kamu ke versi 64-bit.

5. Lakukan Setting RAM

Jika tidak berhasil, Kamu juga dapat menggunakan MSConfig untuk mengatur ulang RAM. MSConfig berisi fitur yang disebut “Maximum Memory”. yang berfungsi fungsi memaksimalkan memori RAM saat startup.

Selain itu, MSConfig juga dapat digunakan untuk memperbaiki memori RAM. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol Windows + R
  • Pada menu “Run”. tuliskan MSConfig di kolom Run.
  • Kemudian menu bernama “System Configuration” akan terbuka dan masuk ke tab “Boot”.
  • Kemudian pilih menu Advanced Options akan membuka menu Advanced Boot Options.
  • Centang bagian Maximum Memory, setting kapasitas memory sampai maksimum dan klik OK.
setting ram
  • Kemudian restart laptop.

Perlu diketahui bahwa tidak semua laptop bisa menggunakan cara ini. Jika laptop Kamu mengalami error, maka Kamu tidak dapat menggunakan cara ini. Ulangi langkah yang sama di atas, dan kembalikan settingan seperti semula.

6. Ganti RAM

Jika Kamu sudah mencoba mengikuti semua cara-cara di atas dan masih saja belum ada,

Namun apa boleh buat satu-satunya pilihan Kamu adalah mengganti RAM lama Kamu dengan RAM baru.

Namun kita juga jangan menyalahkan ram tersebut dahulu, Pastikan terlebih dahulu dengan cara, coba gunakan ram yang kamu miliki pada laptop teman kamu.

Jika ram tersebut dapat berfungsi pada laptop teman kamu, berarti ada yang tidak beres pada laptop kamu.

Dan jika memang tidak berfungsi juga, maka sudah pasti ram tersebut sudah rusak. Dan harus diganti.

Artikel Lainnya:

Kesimpulan

Saat ini kita tidak perlu lagi ketukag service hanya untuk mengatasi hal seperti ini, Kita bisa mencari solusi dan memperbaikinya dengan sangat mudah melalui tutorial diatas.

Namun jika kamu masih ragu, atau laptop kamu masih memiliki garansi, silahkan bawa laptop kamu ketempat service center yang dapat kalian klaim garansinya.

Nah, jadi itu saja, tips dari kami untuk Cara Mengatasi Ram Tidak Terbaca pada laptop atau komputer kamu. Selamat mencoba, dan Semoga berhasil ya.

Gravatar Image
Penulis sekaligus tukang review aplikasi Berpengalaman yang suka dibidang Teknologi, dukung terus situs applikasi.co.id biar aku semangat ya :)