Cara Menghapus Update Windows 10

Cara Menghapus Update Windows 10

Posted on

Applikasi.co.id – Halo sahabat applikasi, Selamat datang di website kami yang menyediakan Tutorial dan Aplikasi Mod gratis serta Berita seputar teknologi masa kini. Dan untuk kali ini, admin akan Membagikan tips dan trik yaitu tentang Cara Menghapus Update Windows 10 pada laptop atau Pc kamu.

Mengupdetan windows Biasanya merupakan ide yang baik untuk menjaga agar Windows 10 tetap mutakhir di PC Anda untuk memastikan Windows 10 memiliki perlindungan dan fitur terbaru. 

Namun, perusahaan besar seperti Microsoft dapat melakukan kesalahan, dan pembaruan Windows-nya telah diketahui menyebabkan masalah serius di masa lalu.

Kadang kala pastinya kamu pernah mengalami setelah updte windows kok malah laptop kamu jadi error, ngeblank, lag dan malah makin lemot,

Jika Anda baru saja menginstal pembaruan Windows dan itu menyebabkan masalah, Anda dapat mencoba menghapusnya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, masing-masing dapat mengembalikan PC Anda ke urutan kerja yang tepat. 

Dalam TIPS & TRIK kali ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana hal itu dilakukan, membantu Anda mengembalikan semuanya ke keadaan semestinya.

Cara Menghapus Update Windows 10 pada Laptop atau PC Anda

Cara Menghapus Update Windows 10

Lihat Artikel Lainnya: Cara Mempercepat Windows 10

1. Lihat Update Windows 10 Terbaru

Cara Menghapus Update Windows 10 yang pertama kamu bisa unistal langsung melalui pengaturan yang ada apada windows 10.

Untungnya, Microsoft membuatnya mudah untuk melihat dan menghapus pembaruan Windows 10 terbaru. Cara tercepat untuk melakukan ini adalah melalui aplikasi Pengaturan yang dibundel dengan Windows 10.

Klik tombol start, lalu klik roda Pengaturan. Setelah aplikasi Pengaturan terbuka, klik Update & Security. Dari daftar di bagian tengah jendela, klik “View update history,” lalu ” Uninstall updates” di sudut kiri atas. 

update history

Ini akan membuka jendela Panel Kontrol yang mencantumkan semua pembaruan yang baru saja diinstal ke komputer Anda. Secara default, daftar ini difilter menjadi grup dan diurutkan dengan pembaruan terbaru di bagian atas.

Lihat Artikel Lainnya: Cara Aktivasi Windows 10

2. Uninstal Update di Pengaturan dan Control Panel

Gulir ke bawah ke bagian Microsoft Windows, lalu klik pembaruan di bagian atas daftar. Seharusnya yang memiliki tanggal pemasangan paling baru. 

Catat nama lengkap dan Knowledge Base (KB) number, karena ini mungkin berguna nanti. Jika Anda tidak dapat menemukan dan memperbarui serta mengetahui nama atau nomor KB-nya, Anda dapat menggunakan kotak pencarian di sudut kanan atas untuk menemukannya.

Di bagian atas tabel pembaruan, klik Uninstall. Anda akan ditanya apakah Anda yakin ingin menghapus pembaruan; klik Yes. Sekarang biarkan Windows menyelesaikan proses penghapusan instalasi, yang mungkin memerlukan restart.

Lihat Artikel Lainnya: Cara menonton YouTube di TV

3. Gunakan Advanced StartUp

Cara Menghapus Update Windows 10 via advanced startup

Jika melalui Pengaturan standar tidak berhasil, Anda dapat mencoba me-restart komputer Anda dan menghapus instalan pembaruan sebelum Anda boot ke Windows. 

Dengan melakukan ini sebelum Windows 10 dimuat, Anda berpotensi menghindari memuat program yang dapat memblokir atau mengganggu proses penghapusan instalasi.

Buka aplikasi Pengaturan, lalu Update & Security. Di kolom sebelah kiri, klik recovery. Di dekat bagian bawah jendela ada bagian “Advanced startup“; klik “Restart Now” untuk me-reboot komputer Anda dalam mode Advanced startup mode.

Lihat Artikel Lainnya: Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

4. Navigasi melalui Advanced startup

Ketika komputer Anda restart, Anda akan disambut dengan menu startup Advanced. Ini berguna dalam berbagai situasi, seperti jika Anda perlu menginstal Windows dari drive USB atau DVD pemulihan. Namun, dalam hal ini Anda ingin mengeklik opsi Troubleshoot.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan melihat dua pilihan: “Reset this PC” dan “Advanced Options;” pilih yang terakhir untuk melanjutkan dengan proses penghapusan instalasi. Pada layar berikut ada berbagai opsi, termasuk Startup Repair, system restore, Comand Prompt, dan banyak lagi. Sebagai gantinya, klik ‘Uninstall Updates’.

Uninstal update

Lihat Artikel Lainnya: Cara Keluar dari Facebook Messenger

5. Pilih Quality update / feature update

Pada layar berikutnya ada dua opsi: “Uninstall latest quality update” dan “Uninstall latest feature update.” Nomor KB yang Anda catat sebelumnya harus memberi tahu Anda apa jenis pembaruannya dengan pencarian internet cepat.

Klik appropriate option and your PC akan restart (mungkin perlu beberapa menit). Setelah dimulai ulang, masukkan info login Windows 10 Anda dan klik Lanjutkan. 

Klik “Uninstall quality update” atau “Uninstall feature update” (tergantung pada apa yang Anda pilih sebelumnya dalam langkah ini) dan pembaruan akan dihapus. Terakhir, restart PC Anda jika Anda diminta untuk melakukannya.

Lihat Artikel Lainnya: Cara Menjadi Youtuber Sukses dan banyak Subscriber

6. Gunakan Command Prompt

Cara Menghapus Update Windows 10 menggunakan cmd

Terkadang, pembaruan hanya akan menolak untuk dihapus instalasinya dengan baik melalui aplikasi Pengaturan atau metode startup tingkat lanjut. 

Di saat seperti ini, Anda dapat menggunakan command prompt untuk memaksa Windows 10 untuk menghapus instalan patch. Sekali lagi, Anda memerlukan nomor KB unik pembaruan untuk menghapus instalan pembaruan.

Perlu diketahui bahwa command prompt Windows 10 memungkinkan Anda mengetik perintah langsung ke Windows dan tidak memiliki antarmuka pengguna grafis, jadi Anda hanya harus mengikuti beberapa langkah berikutnya jika Anda yakin bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Lihat Artikel Lainnya: Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru

7. Buka Command Prompt Windows 10

Sekarang Anda memiliki nomor KB, Anda harus membuka command prompt Windows 10 dan menjalankan Windows Update Standalone Installer (atau WUSA) untuk menghapus instalan pembaruan yang menyebabkan Anda repot.

Buka prompt perintah Windows 10 dengan mengetikkan “cmd” ke dalam kotak pencarian Windows 10. 

Hasil teratas harus mengatakan Command Prompt; klik kanan itu, lalu klik “Run as administrator” untuk memastikan Anda dapat melakukan tugas yang perlu Anda lakukan. Langkah-langkah berikut akan menguraikan beberapa opsi Anda, yang semuanya diharapkan dapat melakukan pekerjaan itu.

8. Uninstal pembaruan yang keras kepala dengan WUSA

Di prompt perintah Windows, ketik:

wusa /uninstall /KB:UpdateID

Ganti ‘UpdateID’ dengan nomor KB pembaruan yang ingin Anda hapus.

Misalnya, jika nomor ID pembaruan adalah KB1234567, ketik:

wusa /uninstall /KB:4573019

ke jendela prompt perintah, lalu tekan Enter dan ikuti petunjuk pada layar. Biarkan WUSA menghapus instalan pembaruan; itu akan memberi tahu Anda ketika sudah selesai atau jika ada kesalahan terjadi selama operasinya. Anda mungkin harus me-restart komputer Anda sehingga proses penghapusan instalasi dapat selesai.

Lihat Artikel Lainnya: Cara Mengubah Kuota Maxstream dengan Psiphon

9. Gunakan extra WUSA

Jika Anda lebih suka tidak memiliki prompt di layar dan hanya ingin membiarkan WUSA melanjutkan proses penghapusan instalasi, tambahkan “/ quiet” di akhir instruksi sebelum menekan Enter. Misalnya, contoh pada langkah 8 akan menjadi:

wusa /uninstall /KB:1234567 /quiet

Ada opsi lain yang dapat Anda tambahkan ke instruksi: / norestart atau / forcerestart akan, seperti namanya, mencegah atau memaksa PC Anda untuk memulai kembali setelah selesai. 

Jika Anda ingin menghindari semua prompt kecuali prompt restart, gunakan / quiet dan / warnrestart – misalnya:

wusa /uninstall /KB:1234567 /quiet /warnrestart

10. Cek Log pada Wusa

event viewer

Jika Anda menggunakan WUSA, Anda dapat memeriksa log untuk memastikan pembaruan berhasil dihapus. Ketik “event viewer” ke dalam kotak pencarian Windows 10 dan klik hasil teratas. Di kolom sebelah kiri, klik panah di sebelah Event Log untuk memperluas opsi Anda, lalu klik Setup.

Untuk hanya menampilkan acara WUSA, klik Saring Log Sekarang di panel sebelah kanan, lalu centang kotak di sebelah WUSA di menu drop-down “Event sources” dan klik OK. Klik dua kali pada relevant WUSA event untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, termasuk semua pesan error yang dihasilkan.

Lihat Artikel Lainnya:

Ahir Kata

Nah, cukup sekian aja dulu ya pembahaan dari kami mengenai Cara Cara Menghapus update Windows 10 yang bermasalah agar laptop atau pc kamu enggak lemot lagi dan kerjaan kamu jadi lancar

Tips diatas adalah hanyalah point – point dasarnya saja, dan anda dapat mencoba mencari celah nya lagi dengan sendirinya, jika ada cara lain nanti kami akan updte lagi. Semoga bermanfaat yah.

Oh iya. Jangan lupa cek artikel kami yang lainnya ya, Karena di situs web kami menyediakan berbagai aplikasigamemod, serta tips&trick yang menarik. Sampai ketemulagi di applikasi.co.id. Terimakasih.