Cara Menghemat Baterai Smartphone Lawas

Posted on

Tips jitu Cara Menghemat Baterai Android dan iphone yang berukuran kecil ataupun ponsel lama yang sudah mulai boros.

Kalau kita kembali kemasa lalu, ponsel zaman dahulu adalah ponsel besar dan berat yang paling awet dalam hal konsumsi daya baterainya, karena kita bisa menggunakannya hingga berhari-hari.

Dan untuk ponsel saat ini, paling hanya akan bertahan 1 hari saja, dan itupun membutuhkan teknologi dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan juga harga ponsel yang relatif mahal.

Dan untuk kamu yang memiliki ponsel yang memiliki kapasitas daya baterai yang kecil atau pas-pasan, kamu bisa menggunakan berbagai trik yang akan kami berikan pada artikle kali ini.

Kami telah menyiapkan beberapa tips dan trik untuk kamu menghemat pemakaian daya atau konsumsi daya baterai pada ponsel kamu, agar bisa bertahan seharian. Jadi simak terus artikel ini.

Cara Menghemat Baterai Android & iPhone dengan Mudah

Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

1. Perhatikan apa yang Kamu Gunakan

Saran pertama kami adalah yang paling jelas, tetapi itu adalah sesuatu yang dapat Kamu lupakan dengan mudah jika Kamu menggunakan Smartphone Kamu sebagai Ponsel multi-media.

Menonton film dan acara TV, atau bermain game, dapat menguras baterai Smartphone Kamu dengan sangat cepat, jadi jika Kamu ingin menjaga Ponsel Kamu hidup selama mungkin.

Seperti halnya jika kamu adalah seornag yang suka main game yang sehari- harinya menghabiskan waktu untuk bermaingame, ketahuilah, itu sangat amat membuat baterai anda boros dan yang lebih parah lagi, bateraimau menjadi tidak sehat dan akan cepat rusak.

Baca Artikel Lainnya: Cara Mengetahui Judul Lagu dengan Mudah

2. Kurangi tingkat Resolusi

Jika Kamu memiliki Smartphone dengan layar yang bagus,Kamu dapat menjaga ponsel Kamu beroperasi dalam jangka waktu yang lama. jika Kamu masuk ke menu Pengaturan, maka Menu Display, Kamu akan menemukan cara untuk mengubahnya.

Pada dasarnya layar yang memiliki tingkat resolusi yang tinggi seperti 4K, 2K atau HD+, itu akan sangat menguras pemakaian daya dari ponsel pintar yang kamu gunakan,

Memang itu akan terlihat sangat bagus dan sangat enak dilihat, gambar menjadi tajam dan di mata pun tidak buram, namun ternyata dibalik itu semua, ada kekurangan yang sangat berarti, yang dimana kamu akan mengorbankan pemakaian baterai kamu.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Setelah Kamu selesai menggunakan aplikasi dan langsung keluar menggunakan tombol Home atau geser ke atas untuk kembali ke menu ponsel Kamu, Kamu mungkin itu tidak terlihat dan tidak terpikirkan, tetapi sebenarnya masih berjaan dan memakan daya dari ponsel Kamu.

Banyak aplikasi memiliki proses latar belakang yang berjalan bahkan ketika aplikasi tersebut bahkan tidak aktif, dan jika Kamu memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ini dapat menyedot daya tahan baterai ponsel Kamu yang bisa sangat terlihat.

Sangat mudah untuk menutup aplikasi latar belakang hanya dengan menemukan menu aplikasi sebelumnya – ini dapat ditemukan dengan menekan pada layar atau tombol fisik yang ditKamui dengan kotak, atau dengan menggesekkan ke atas dan menahan jika Kamu memiliki kontrol gerakan.

tutup aplikasi yang tidak digunakan

Baca Artikel Lainnya: Cara menonton YouTube di TV

4. Kurangi kecerahan

Ini adalah saran lain yang tampaknya sangat jelas, meskipun ini salah satu yang bisa Kamu lupakan karena ponsel Android pada Android 9 atau 10 dimaksudkan untuk memperbaikinya secara otomatis.

Layar yang lebih terang menggunakan lebih banyak daya, sehingga menurunkan kecerahan dapat membuat ponsel Kamu bertahan lebih lama, dan ini bisa sangat terlihat jika Kamu sering mematikannya.

Namun, ponsel Android modern memiliki kecerahan otomatis, yang mengubah cara membutakan tampilan agar sesuai dengan lingkungan. Ini sangat berguna.

Tetapi jika Kamu berada di daerah yang cerah itu akan membuat layar Kamu lebih cerah, sehingga merusak upaya Kamu untuk menjaga ini tetap rendah.

Kami sarankan untuk mematikan kecerahan otomatis, jika Kamu ingin Ponsel Kamu bertahan selama mungkin.

Caranya snagat mudah, tarik bilah notifikasi untuk android dan geser sesuai keinginan anda. atau di iphone anda dapat melalui control center dan gerser kecerahan sesuai keinginan anda.

5. Matikan Animasi tampilan

Ada banyak dalam menu pengaturan tampilan yang dapat kamu lakukan dan atur sesuka hati kamu, dan ada banyak cara untuk mengatur agar ponsel kamu tetap awet dan hemat baterai.

Layar selalu aktif di Ponsel telah ada selama bertahun-tahun di Ponsel, dan beberapa rumit sedangkan yang lain cukup mendasar.

tetapi apa pun yang selalu ditampilkan pada layar Kamu, itu akan menghabiskan sedikit daya baterai. Jika Kamu ingin ponsel Kamu bertahan selama mungkin, matikan!

Beberapa ponsel memiliki wallpaper hidup, yang pada dasarnya adalah latar belakang untuk ponsel Kamu yang bergerak .

Ini dapat berupa pola sederhana yang berfluktuasi, atau gambar bergerak aktual, dan ini dapat menguras banyak baterai, terutama jika Kamu menghabiskan banyak waktu melihat-lihat ponsel utama Kamu.

6. Putuskan Sambungan

Telepon dimaksudkan untuk menghubungkan kita ke dunia yang lebih luas, tetapi konektivitas tampaknya menghabiskan baterai, jadi jika Kamu ingin menjaga ponsel Kamu lebih lama, Kamu akan mematikan pengaturan tersebut.

Data seluler, konektivitas lain seperti Bluetooth dan Wi-Fi semuaitu memerlukan sedikit baterai untuk dipelihara, terutama Bluetooth jika Kamu terhubung ke banyak hal yang berbeda, sehingga Kamu dapat menonaktifkan satu atau beberapa dari ini jika Kamu tidak menggunakannya. .

Jika Kamu perlu mengambil opsi cepat, Airplane Mode secara otomatis mematikan semua ini serta membuat tweak lainnya menjadi mati dan dapat menghemat hemat baterai, ini bisa menjadi toggle yang mudah untuk menjaga ponsel Kamu tetap bertahan selama mungkin.

7. Gunakan Dark Mode

dark mode

Tergantung pada ponsel yang Kamu miliki, jika pada ponsel kamu memiliki fitur mode gelap seperti di android 10 dan di ios 13 hal itu dapat menjadi cara untuk menjaga ponsel Kamu lebih lama.

Yang jelas Dark mode dapat sanga membantu kamu untuk menghemat daya, jadi gunakan mode gelap (yang datang sebagai bagian dari Android 10, serta dalam banyak aplikasi paling populer) menghemat banyak baterai.

Ini bukan kasing di layar LCD karena hitam dibuat dengan menyalakan setiap warna yang berbeda, sehingga sebenarnya bisa lebih intensif baterai dalam kasus itu.

Baca Artikel Lainnya: Cara Lock 4G

8. Mode hemat baterai

Saat ini rata-rata seluruh ponsel pintar keluaran baru, sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya atau powersaving dan pengoptimalan kinerja seperti ram dan sebagainya.

Nah itu merupakan cara yang sangat dirokemndasikan oleh ponsel kamu untuk dapat membatasi penggunaan yang dapat membuat penggunaan baterai kamu menjadi cepat habis.

Biasanya dengan kamu mengaktifkan mode ini, maka otomatis, layar kamu akan meredup dan penggunaan aplikasi yang memakan ram banyak akan dibatasi, dan juga screen time out akan menjadi lebih cepat.

9. Gunakan Aplikasi Versi Lite

aplikasi lite

Yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi versi lite atau versi go, dimana aplikasi semacam ini memiliki ukuran yang lebih rendah dan juga akan memakan sedikit ram.

Ada abnyak aplikasi versi lite atau go yang sering digunaakn oleh banyak oang dan juga memiliki fitur yang sama seperti aslinya, diataranya seperti , facebook lite, youtube go, messenger lite, twiter lite dan masih banyak lagi

Dan hal itu otomatis ponsel kamu akan dapat lebih ringan melakukan proses dalam menjalankan aplikasi tersebut, dan otomatis baterai ponsel kamupun akan jauh lebih hemat.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ahir Kata

Nah, cukup sekian aja dulu ya pembahasan dari kami mengenai Cara Cara Menghemat baterai ponsel kamu dengan mudah dan juga tanpa aplikasi tambahan, jadinya kamu gak akan ribet.

Cara diatas, adalah sebagian tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai pada ponsel kamu, dan jika kamu sudah melakukannya namun baterai anda masih boros? maka sebaiknya kamu lakukan pemeriksaan terhadap baterai ponsle kamu.

Kamu dapat memeriksanya di tempat jasa servise atau konter terdekat. dan cara diatas dapat kamu terapkan di ponsel android dan juga iphone. semoga membantu ya :).