Kenapa Apple Meminta Maaf Soal Iklan iPad Pro Terbaru?

Posted on
Apple Meminta Maaf Soal Iklan iPad Pro Terbaru

Dalam iklan terbarunya, Apple memperkenalkan iPad Pro baru dengan cara yang unik namun kontroversial. Iklan ini dimulai dengan detakan metronom mekanis, sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu musisi menjaga ritme. Kemudian, adegan berlanjut ke pemutar rekaman, dan akhirnya ke gambar sebuah press hidrolik raksasa, di mana metronom, pemutar rekaman, beberapa alat musik, permainan video arcade, dan barang-barang lainnya ditempatkan, menunggu untuk dihancurkan.

Lagu tahun 1972 “All I Ever Need Is You” oleh Sonny & Cher mulai diputar, dan lembaran logam press hidrolik turun ke barang-barang berharga tersebut. Kita melihat sebuah terompet hancur, diikuti oleh kaleng cat, patung tanah liat kepala manusia, boneka burung marah, televisi kuno, kamera, gitar, buku, dan mainan emoji berbulu. Akhirnya, setelah press tersebut menghancurkan semua barang, lembaran logam itu kembali naik, dan sebuah iPad terungkap di bawahnya. “iPad paling powerful yang pernah ada juga yang paling tipis,” kata suara wanita yang disembodied. Logo Apple muncul di layar, dan dalam waktu satu menit tepat, iklan selesai.

Baca lainnya: TikTok Segera Beri Label Konten AI untuk Melawan Misinformasi

Iklan ini dibagikan di X (dulu Twitter) oleh CEO Apple Tim Cook, dengan caption: “Temui iPad Pro baru: produk tertipis yang pernah kami buat, layar tercanggih yang pernah kami hasilkan, dengan kekuatan luar biasa dari chip M4. Bayangkan saja semua hal yang akan digunakan untuk menciptakan.”

Meskipun kualitas produksi yang tinggi dan konsep yang unik, banyak pengguna media sosial yang keberatan dengan iklan ini. “Saya merasa sedih ketika melihat alat kreatif seperti alat musik dan kamera dihancurkan,” komentar seorang pengguna X.

Sementara itu, aktor Inggris Hugh Grant menyebut iklan tersebut sebagai “penghancuran pengalaman manusia. Dengan hormat dari Silicon Valley.”

Seorang komentator lain menyarankan bahwa iklan tersebut akan jauh lebih baik jika dimainkan mundur, dan objek-objek ditampilkan membesar dari iPad daripada dihancurkan olehnya.

Baca lainnya: Pertarungan TikTok vs. Pemerintah AS: Perseteruan atas Data, Keamanan, dan Kebebasan Berekspresi

Tor Myhren, VP Komunikasi Pemasaran Apple, meminta maaf atas iklan tersebut dalam pernyataan kepada AdAge pada hari Kamis. “Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan para kreator di seluruh dunia,” katanya. “Tujuan kami adalah selalu merayakan beragam cara pengguna untuk mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami melewatkan target dengan video ini, dan kami minta maaf.”

Menurut laporan AdAge, Apple tidak lagi berencana untuk menayangkan iklan tersebut di TV.

Apple merujuk TIME pada pernyataan yang diberikan kepada AdAge, namun tidak menawarkan komentar lebih lanjut.

Apple mungkin saja mencoba untuk mengejar tren video press hidrolik, yang telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Video-video pendek ini sering menunjukkan objek-objek sehari-hari yang dihancurkan atau dihancurkan dan telah mengumpulkan jutaan penonton di platform seperti TikTok dan Instagram.

Gravatar Image
Penulis sekaligus tukang review aplikasi Berpengalaman yang suka dibidang Teknologi, dukung terus situs applikasi.co.id biar aku semangat ya :)