Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan & Tidak Terbaca

Posted on

Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan? Kartu SIM atau Subscriber Identity Module adalah kartu pintar yang berisi semua informasi seperti identitas pengguna, nomor telepon, lokasi, daftar kontak, kunci keamanan pribadi, pesan teks, dan data otorisasi jaringan. 

Chip kecil ini menghubungkan ponsel cerdas Anda dengan penyedia jaringan. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan, SMS, dan banyak lagi.

Pesan Eror ‘Tidak Ada Layanan’ cukup umum di kartu SIM baru. Pesan kesalahan ini muncul ketika Anda mengatur koneksi antara smartphone dan operator. 

Pesan kesalahan ini juga terjadi ketika kartu SIM Anda tidak diaktifkan sepenuhnya. Jika kesalahan ‘Karu sim SIM Tidak Ada Layanan’ muncul di SIM lama Anda, maka Anda harus mempertimbangkan metode berikut.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 4 metode terbaik untuk menyelesaikan kesalahan ‘Kartu SIM Tidak Ada Layanan’.

Mengatasi Kartu Sim Tidak ada layanan

Namun sebelum kita menuju ke solusi permasalahannya, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan pada ponsel kalian, Simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Sebenarnya ada banyak sekali yang menyebabkan “Kartu SIM Tidak Ada Layanan” sepertihalnya:

  1. Kartu SIM Rusak
  2. Slot SIM pada handphone Rusak
  3. Terjadi Gangguan pada operator Kartu SIM
  4. Kartu SIM sudah Kadaluarsa
  5. Maintenance

Masalah-masalh ini kerap terjaddi pada operator yang ada di indonesia, dan juga sering terjadi pada berbagai merek handphone, seperti, Samsung, Oppo, Xiaomi, iPhone, Vivo, Lenovo, Asus Dll.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

1. Restart ponsel

restart ponsel

Ketika pesan ‘Kartu SIM Tidak Ada Layanan’ ditampilkan, hidupkan ulang Smartphone Anda. 

Jika kesalahan disebabkan oleh kemacetan jaringan, maka itu akan diperbaiki. 

Karena itu, lebih baik untuk me-restart telepon Anda sebelum mencoba metode lain. Setelah Anda memulai ulang, pesan kesalahan akan hilang.

2. Copot dan Masukkan kembali SIM

lepas dan masukkan sim card

Jika memulai ulang perangkat Anda tidak menyelesaikan masalah Anda, kemudian masukkan kembali kartu SIM. 

Jika kartu SIM tidak dimasukkan dengan benar, ada kemungkinan kesalahan terkait jaringan. 

Saat mengeluarkan kartu SIM, pastikan untuk memeriksa slot kartu SIM dan bentuk SIM dengan benar. 

Jika slot kartu SIM rusak, maka harus diganti. Jika kedua kartu SIM dan slotnya ditempatkan dengan benar, maka masukkan SIM pada ponsel Android lain dan periksa kesalahannya. 

Dalam hal, pesan kesalahan muncul di ponsel Android lain juga, maka Anda perlu mengganti kartu SIM saja.

3. Periksa apakah SIM dalam Aktivasi atau tidak

aktivasi kartu sim

Kartu SIM yang baru terdaftar biasanya membutuhkan waktu 24-48 jam untuk aktivasi. 

Jadi, jika pesan kesalahan muncul di kartu SIM baru, maka Anda harus menunggu beberapa saat lagi. 

Anda dapat menghubungi layanan telekomunikasi untuk mengetahui tentang proses aktivasi Anda. 

Tetapi Anda perlu memverifikasi identitas Anda untuk mengetahui tentang rincian kartu SIM.

4. Hubungi operator atau penyedia jaringan

Hubungi operator atau penyedia jaringan

Setelah aktivasi SIM, jika Anda masih mendapatkan pesan kesalahan, maka Anda harus menghubungi penyedia jaringan atau operator. 

Mungkin ada beberapa masalah di server aktivasi, yang dapat diselesaikan dari sisi penyedia jaringan. 

Penyedia jaringan akan menyelesaikan semua masalah Anda yang berhubungan dengan pesan kesalahan ‘Kartu SIM Tidak Ada Layanan’ Anda.

Lalu Bagaimana jika kartu sim kita bisa digunakan pada ponsel lain, namun pada ponsel anda sendiri tidak bisa atau SIM tidak terbaca?

Jika kamu mengalami atau mendapat notifikasi Kartu SIM tidak terbaca atau Kartu SIM tidak Tersedia, Kamu dapat mengikuti cara dibawah ini.

Artikel Lainnya:

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Tersedia atau Tidak Terbaca

1. Periksa Kartu SIM

Yang pertama harus kamu lakukan jika kartu sim kamu tidak terbaca atau tidak tersedia ialah dengan mengecek kondisi pada kartu sim yang kamu miliki.

Coba buka dahulu slot kartu sim pada ponsel kamu dan lihat apakah kuningan pada kartu sim milik kamu dalam keadaan baik, Tidak Lecet atau tergores.

Jika kartu sim kamu tergores atau mengelupas, maka mau tidak mau kamu harus mengganti dengan kartu sim yang baru.

Namun bagaimana kalau kita tidak ingin mengganti dengan nomor yang baru?

Jika kamu tidak ingin mengganti nomor lama kamu dengan yang baru, kamu daoat mengunjungi ke gerai atau grapari operator kartu sim kamu, untuk mengganti kartu baru, namun tetap menggunakan nomor yang lama.

2. Periksa Slot SIM pada Ponsel

Jika kartu sim kamu dalam keadaan baik atau masih bagus, saran selanjutnya dari kami ialah dengan megecek kondisi Slot SIM pada ponsel kamu.

Namun cara ini tergolong ribet, karena untuk ponsel-ponsel dengan tipe baru, memiliki desain yang sulit di buka dengan tangan kita sendiri.

Nah, jalan satu-satunya kamu dapat membawa ke tempat service terpaya di daerah tempat tinggal kamu untuk memeriksa, apakah ada kerusakan pada slot SIM pada ponsel kamu.

Mungkin nantinya kamu akan di kenakan biaya, namun biaya service nya juga tidak terlalu mahal kok. mungin berkisar 50rb hingga 100 ribu rupiah saja.

Karena mengingat pengalaman kami yang pernah menservice ponsel oppo dan xiaomi. Selamat mencoba 🙂

Artikel Lainnya:

Bagaimana? Apakah informasi di atas sudah dapat menjawab keluhan yang kamu alami saat mencoba menggunakan kartu sim di ponsel kamu?

Nah jadi cukup sekian aja ya, pembahasan dari bang Admin untuk persoalan Kartu SIM Tidak Ada Layanan dan juga Kartu SIM tidak terbaca pada ini. Semoga menambah ilmu dan bermanfaat yah.

Jangan lupa cek artikel kami yang lainnya ya, Karena di situs web kami menyediakan berbagai informasi menarik lainnya seputar teknologi, aplikasi menarik dan tips trik yang menarik.

Share artikel ini juga kepada teman-teman kalian, untuk membuat rena bahagia. Terimakasih

Gravatar Image
Penulis sekaligus tukang review aplikasi Berpengalaman yang suka dibidang Teknologi, dukung terus situs applikasi.co.id biar aku semangat ya :)